Memilih sandi dengan cerdik " Pesan Mbah Google"


Senin, 21 November 2011

Gunakan sandi yang unik
Untuk setiap akun yang berbeda, gunakan sandi yang unik.
Menggunakan sandi yang sama untuk situs web yang berbeda memungkinkan peretas mengakses akun penting Anda jika mereka dapat mencuri sandi dari situs web yang kurang aman. Paling tidak, pilih sandi unik untuk akun penting Anda, misalnya email dan perbankan daring.

Seperti apa sandi yang dipilih dengan cerdik?
Sandi Anda adalah garis depan pertahanan melawan penjahat dunia maya. Ikuti kiat berikut untuk membuat sandi dengan cerdik:

Gunakan sandi unik untuk semua akun penting Anda

Gunakan sandi unik untuk akun Anda, khususnya akun penting seperti email dan perbankan daring. Menggunakan ulang sandi dapat berisiko. Jika seseorang mengetahui sandi Anda untuk suatu layanan, orang tersebut kemungkinan besar dapat mengakses email pribadi, alamat, bahkan uang Anda.
Gunakan sandi yang mengombinasikan huruf, angka, dan simbol
Dengan menggunakan angka, simbol, serta campuran huruf besar dan kecil, sandi Anda semakin sulit ditebak atau dipecahkan. Misalnya, ada lebih dari 6 kuadriliun kemungkinan variasi untuk sandi enam karakter yang terdiri dari angka, simbol, dan campuran huruf besar kecil -- 30.000 kali lebih banyak dibanding sandi delapan karakter yang hanya terdiri dari huruf kecil.
Buat sandi yang sulit ditebak orang lain
Pilih kombinasi huruf, nomor, atau simbol untuk membuat sandi unik yang tidak berhubungan dengan informasi pribadi Anda. Atau, pilih kata atau frasa acak, dan masukkan huruf serta nomor ke bagian awal, tengah, dan akhir agar sulit ditebak (seperti "L3b@R4n$eB3nT4rL@9i"). Menggunakan kata atau frasa sederhana seperti "sandi" atau "izinkansayamasuk," pola keyboard seperti "qwerty" atau "qazwsx," maupun pola berurutan seperti "abcd1234" membuat sandi lebih mudah ditebak atau dipecahkan.
Pastikan bahwa opsi pemulihan sandi Anda mutakhir dan aman
Pastikan alamat email penyelamat diperbarui dengan teratur agar Anda dapat menerima email jika perlu menyetel ulang sandi. Anda juga dapat menambah nomor ponsel untuk menerima kode penyetelan ulang sandi melalui SMS. Selain itu, banyak situs web (termasuk Gmail) akan meminta Anda memilih pertanyaan untuk memverifikasi identitas jika Anda lupa sandi. Jika Anda dapat membuat pertanyaan sendiri, cobalah menciptakan pertanyaan yang hanya Anda yang mengetahui jawabannya. Jawaban sebaiknya tidak mudah ditebak dengan memindai informasi yang Anda poskan secara daring di profil jejaring sosial, blog, dan tempat lainnya. Jika Anda diminta memilih pertanyaan dari daftar opsi, misalnya kota kelahiran, berhati-hatilah karena pertanyaan ini cenderung tidak aman. Berusahalah membuat jawaban yang unik — Anda dapat melakukannya menggunakan beberapa kiat di atas — sehingga meski seseorang menebak jawabannya, mereka tidak akan mengetahui cara memasukkannya dengan benar.
Simpan sandi Anda di tempat yang aman yang tidak mudah dilihat
Jangan meninggalkan catatan berisi sandi berbagai situs di komputer atau meja. Orang yang sekadar lewat akan dapat mencuri informasi ini dengan mudah dan menggunakannya untuk menyusup ke akun Anda. Jika Anda memutuskan menyimpan sandi dalam berkas di komputer, buat nama yang unik untuk berkas tersebut sehingga orang lain tidak mengetahui apa isinya. Hindari pemberian nama berkas yang terlalu mencerminkan isinya, misalnya "sandi saya". Jika Anda kesulitan mengingat beberapa sandi, pengelola sandi tepercaya bisa menjadi jalan keluar yang bagus. Luangkan beberapa menit untuk memeriksa ulasan dan reputasi layanan tersebut.
 
Mengapa sandi unik itu penting?
Menggunakan sandi unik membantu menjaga akun dan data Anda tetap aman. Penting sekali untuk menggunakan sandi unik bagi akun penting, misalnya perbankan, jaringan sosial, dan email. Sepertinya Anda memiliki puluhan akun di web dan Anda tidak dapat menjamin keamanan semua akun tersebut. Banyak perusahaan yang lebih kecil tidak memiliki teknologi keamanan yang mumpuni untuk menjaga data Anda dari kejahatan dunia maya. Saat Anda menggunakan sandi yang sama di seluruh web, penjahat dunia maya dapat memperoleh akses ke akun yang keamanannya kurang kuat, kemudian menggunakan sandi itu untuk meretas akun penting Anda.

0 komentar:

Lokasi