Kamus Keuangan ( B ) Ind


Senin, 28 November 2011

Bank
Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan menyalurkan uang dalam masyarakat, terutama dengan memberikan kredit dan jasa-jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang (bank).


Bank Kliring
Bank peserta kliring yang menerima cek atau bilyet giro yang dikeluarkan oleh bank lain untuk diselesaikan (clearing bank).


Bank Koperasi
Bank yang berbentuk badan hukum koperasi (cooperative bank).


Bank Koresponden
Bank yang berdasarkan perjanjian mempunyai hubungan dengan bank lain untuk saling memberikan jasa dan atau melakukan transaksi untuk dan atas nama bank yang berkepentingan (correspondence bank).


Bank Mobil
Pelayanan bank melalui loket kepada nasabah yang tetap berada dalam kendaraannya (drive-in bank).


Bank Pelaksana
Bank yang ditunjuk untuk melaksanakan transaksi tertentu (handling bank).


Bank Penerbit
Bank yang mengeluarkan uang atas permintaan (bank of issue).


Bank Pembuka
Bank yang membuka surat kredit atas pemohonan nasabahnya (opening bank, issuing bank).


Bank Penerus
Bank yang meneruskan surat kredit kepada penikmat, tanpa terikat pada ketentuan-ketentuan dalam surat kredit yang bersangkutan, dan penerusan dilakukan setelah diperoleh keyakinan akan kebenaran sandi atau tanda tangan pembuka (advicing bank).


Bank Sentral
Bank yang tugas pokok membantu pemerintah dalam mengatur, menjaga dan memelihara kestabilan nilai rupiah, mendorong kelancaran produksi dan pembangunan serta memperluas kesempatan kerja, guna meningkatkan taraf hidup rakyat, misalnya di Indonesia bank sentral adalah Bank Indonesia (central bank).


Bank Umum
Bank yang dalam pengumpulan dananya terutama menerima simpanan dalam bentuk giro dan deposito dan dalam usahanya terutama memberikan kredit jangka pendek (lihat UU No. 14 th. 1976 ps. 3) (commercial bank).


Bea
Pajak tidak langsung atas barang impor dan ekspor dengan surat-surat sebagai bukti, dan lain-lain menurut peraturannya masing-masing (duty).


Beban
Bagian dari biaya dalam satu periode tertentu yang diperhitungkan untuk mengurangi pendapatan, misalnya penyusutan, kerusakan dan kehilangan. Istilah ini dapat pula diartikan catatan pembukuan mengenai pertambahan harta atau biaya atau pengurangan utang atau modal sendiri (charges).


Beban Mengambang
Beban yang tidak ditentukan secara pasti (floating charge).


Beban Pengimbang
Ikhtisar yang dipergunakan dalam menghitung pajak penghasilan (balancing charge).


Beli Sendiri
Membeli harta milik dalam lelang umum atau eksekusi hipotek oleh pemilik semula (buying in).


Biaya, Asuransi, dan Angkutan
Syarat-syarat penyerahan barang dalam penentuan harga yang menyatakan semua biaya sampai barang di pelabuhan pembeli ditanggung penjual termasuk biaya asuransi (cost, insurance, and freightarbitrage).


Biaya Ikatan
Biaya yang dibebankan kepada nasabah sehubungan dengan penyediaan dana oleh bank dalam pemberian kredit investasi (commitment fee).


Biaya Modal
Jumlah biaya yang diukur sebagai tingkat bunga dari berbagai sumber modal yang digunakan perusahaan, yang masing-masing ditimbang menurut peranannya dalam struktur modal dan permodalan (cost of capital, overall cost of capital, average of capital).


Buku Utang
Catatan yang memuat kewajiban (utang) masing-masing debitur (book debt).


Bunga
Imbalan atas penggunaan sejumlah uang berdasarkan perjanjian pinjam-meminjam (interest).



Bunga Akrual
Bunga yang telah diperhitungkan sebagai pendapatan atau biaya perusahaan, tetapi belum nyata diterima atau dibayar (accrued interest).



Bursa Efek
Tempat untuk memperjualbelikan surat-surat berharga secara teratur (stock exchange).

0 komentar:

Lokasi