Kamus Keuangan ( R ) Ind


Senin, 28 November 2011

Rasio Dividen
Perbandingan antara dividen yang dibayarkan terhadap pendapatan pada waktu tertentu (pay-out ratio).


Rasio Utang Modal
Perbandingan antara utang dengan seluruh modal perusahaan, untuk menilai tingkat pendapatan modal sendiri sehubungan dengan usaha peningkatan pendapatan operasional; perbandingan antara kewajiban lembaga keuangan bukan bank baik efektif maupun administratif dengan modal sendiri setelah ditambah pinjaman subordinasi (gearing ratio).


Reasuransi
Perjanjian antara beberapa perusahaan asuransi mengenai pengalihan sebagian risiko, untuk menghindarkan risiko yang terlalu besar (reinsurance).


Rekening Koran
Rekening yang dipergunakan untuk mencatat utang piutang antara dua orang atau badan usaha yang diperhitungkan secara terus menerus, bentuk skontro adalah yang lazim dipergunakan, jumlah piutang ditulis dalam lajur debet dan jumlah utang ditulis dalam lajur kredit (current account).


Rekening Nostro
Perkiraan valuta asing bank di dalam negeri pada bank koresponden di luar negeri (nostro account).


Rekening Transitoris
Rekening yang saldonya meliputi saldo yang dilaporkan di dalam neraca (sebagai aktiva perusahaan) dan saldo yang akan dilaporkan dalam laba rugi (sebagai biaya) misalnya "Rekening Alat Tulis Kantor" (clearing account).


Rekening Vostro
Perkiraan valuta asing bank koresponden di luar negeri pada bank di dalam negeri (vostro account).


Reksa Dana
Wadah investasi yang berisi dana dari sejumlah investor dimana uang didalamnya diinvestasikan ke dalam berbagai produk investasi oleh sebuah Perusahaan Manajemen Investasi (Mutual Fund).


Reksa Dana Campuran
Wadah investasi yang berisi dana dari sejumlah investor dimana uang didalamnya diinvestasikan ke dalam berbagai produk investasi oleh sebuah Perusahaan Manajemen Investasi, terutama ke dalam produk investasi berupa saham dan obligasi (Balanced Mutual Fund).


Reksa Dana Pasar Uang
Wadah investasi yang berisi dana dari sejumlah investor dimana uang didalamnya diinvestasikan ke dalam berbagai produk investasi oleh sebuah Perusahaan Manajemen Investasi, terutama ke dalam produk investasi Pasar Uang, seperti Sertifikat Bank Indonesia, Sertifikat Deposito, Deposito Berjangka, dan Obligasi Jangka Pendek (Money Market Mutual Fund).


Reksa Dana Pendapatan Tetap
Wadah investasi yang berisi dana dari sejumlah investor dimana uang didalamnya diinvestasikan ke dalam berbagai produk investasi oleh sebuah Perusahaan Manajemen Investasi, terutama ke dalam produk investasi berpendapatan tetap, yaitu obligasi (Fixed Income Mutual Fund).


Reksa Dana Saham
Wadah investasi yang berisi dana dari sejumlah investor dimana uang didalamnya diinvestasikan ke dalam berbagai produk investasi oleh sebuah Perusahaan Manajemen Investasi, terutama ke dalam produk investasi berupa saham (Stock Mutual Fund).


Reksa Dana Terbuka
Reksa Dana dimana Pemegang Unit Penyertaannya terbuka untuk menjual kembali Unit Penyertaan yang dimilikinya kepada Perusahaan Manajemen Investasi yang menerbitkan Reksa Dana tersebut (Open-End Mutual Fund).


Reksa Dana Tertutup
Reksa Dana dimana Pemegang Unit Penyertaannya tertutup untuk menjual kembali Unit Penyertaan yang dimilikinya kepada Perusahaan Manajemen Investasi yang menerbitkan Reksa Dana tersebut. Pemegang Unit Penyertaan hanya bisa menjual Unit Penyertaan yang dimilikinya kepada investor lain, dimana mekanisme penjualan tersebut dilakukan di Bursa Efek (Closed-End Mutual Fund).


Revaluasi
Perubahan tingkat nilai tukar mata uang suatu negara terhadap emas atau mata uang negara lain. Istilah ini berarti pula penyesuaian nilai buku suatu harga (asset) perusahaan terhadap nilai pasarnya (revaluation).


Risiko
Kerugian yang mungkin diderita, yang di bidang permodalan dibedakan menjadi:

  1. risiko keuangan
  2. risiko bunga modal
  3. risiko daya beli
(risk).


Risiko Bisnis
Risiko kredit karena kemampuan pimpinan perusahaan debitur dalam menjalankan bisnis (business risk).


Risiko Pasar
Risiko sekuritas atau harta lain karena tidak dapat dijual atau digadaikan dengan harga yang pantas pada saat pemiliknya membutuhkan uang (market risk).

0 komentar:

Lokasi