Ketika metode marketing lama dikombinasikan dengan teknologi baru
maka hal itu dapat menjadi sebuah kekuatan yang dahsyat. Google+, Vine,
atau Twitter merupakan alat pemasaran baru yang canggih, hemat biaya.
Namun Anda tidak harus memfokuskan diri pada sesuatu yang baru tersebut.
Beberapa metode marketing lama juga masih menarik dan efektif.
Agar semakin kuat, cobalah menggabungkan teknologi modern tersebut
dengan trik marketing lama. Berikut beberapa tips marketing lama yang
terbukti sangat hebat, dikutip dari situs www.marketing.co.id:
Word-of-Mouth Marketing
Word-of-Mouth masih menjadi kekuatan terbesar marketing. Orang lebih
percaya teman-teman dan keluarga mereka. Berikan reward kepada pelanggan
setia yang membawa orang-orang baru ke dalam “keluarga” dan mendorong
karyawan Anda untuk menyebarkan berita ke lingkungan mereka.
Hal ini secara eksponensial dapat meningkatkan jangkauan arahan Anda
dengan memasukkan program referral ke dalam daftar email marketing dan
upaya media sosial Anda.
Koneksi pribadi
Menciptakan hubungan pribadi akan membuat Anda sangat mengesankan.
Gunakan software pelacakan kontak untuk mencari tahu hari ulang tahun
klien dan menjangkau mereka dengan catatan pribadi melalui media sosial.
Kartu Pos
Kirimkan kartu pos kepada pelanggan sebagai tanda terima kasih untuk
pesanan terakhir mereka, atau menceritakan acara Anda berikutnya yang
mungkin akan membuat mereka tertarik. Kirimkan kartu pos kepada
pelanggan sebagai langkah standar setiap terjadi pemesanan/pembelian.
“Kopi Darat”
Jaringan lokal masih menjadi jalan utama untuk meraih pelanggan
setia. Media sosial sangat bagus untuk mempertahankan hubungan. Tapi
tidak sebagus jika dibandingkan dengan kekuatan duduk bersama dengan
pelanggan pada pertemuan lokal, pertemuan kamar dagang, konferensi
industri atau lainnya. Tentunya itu lebih baik ketimbang update laman
Facebook.
Carilah tempat kumpul-kumpul yang menyenangkan. Selenggarakan
konferensi di daerah Anda bukan untuk industri Anda, tetapi bagi
industri yang membutuhkan jasa Anda. Misalnya, jika Anda menjual
software akuntansi, maka hadirilah pertemuan asosiasi software akutansi
lokal. Anda mungkin menjadi satu-satunya dari industri di asosiasi usaha
kecil setempat yang berkumpul.
Radio
TV sangat bagus, tapi harganya tentu sangat mahal. Namun, radio
secara historis telah dan tetap memiliki nilai tersendiri bagi iklan
bisnis kecil dan menengah. Jangan membatasi diri untuk memasang iklan.
Radio lokal merupakan radio yang paling menjangkau masyarakat di daerah
tersebut.
Gabungkan kekuatan radio dengan kekuatan komunikasi modern dengan
mendapatkan podcast tentang industri Anda, atau membuat podcast sendiri
dengan saran tentang keahlian Anda.
0 komentar:
Posting Komentar