IV.2. Identifikasi Risiko Pasar


Jumat, 16 Desember 2011

Trading Book adalah seluruh posisi perdagangan bank (proprietary position) pads instrumen keuangan dalam neraca (on balance sheet) dan atau rekening administratif (off balance sheet) Berta transaksi derivatif. Transaksi tersebut dimaksudkan untuk dimiliki dan dijual kembali guns memperoleh keuntungan dalam jangka pendek dari perubahan harga.

Posisi Trading Book terjadi antara lain dari kegiatan perantaraan (brokering), pembentukan pasar (market making), atau transaksi lindung nilai (hedging) atas portofolio bank lainnya yang diklasifikasikan sebagai Trading Book.

Contoh portofolio Trading Book misalnya bank membeliSurathutang (Bond) dengan tujuan akan dijual kembali dalam jangka pendek, tanpa menunggu Bond tersebut jatuh tempo. Contoh lainnya, bank melakukan transaksi jual dan bell valuta acing, balk yang bersifat simple (plain vanilla) maupun dalam bentuk derivatif
Terhadap Posisi Trading Account perlu dilakukan proses penentuan harga pasar atau marked to market setiap hari. Dengan proses tersebut, maka akan terdapat laba atau rugi yang selanjutnya dibukukan langsung pads posisi rugi laba bank. Bagi bank yang memiliki portfolio Trading Account dalam jumlah besar, maka laporan laba/rugi bank akan berfluktuasi sebagai akibat proses marked to market tersebut.

Portfolio trading account, pads umumnya merupakan portfolio unit bisnis Treasuri, sebagai unit operasional atau front office. Sementara, metode perhitungan nilai pasar (marked to market) ditentukan oleh unit manajemen risiko yang independent (middle office). Sementara itu, pelaksanaan perhitungan marked to market harian dilakukan oleh bagian administrasi atau back office. Pembagian fungsi ini dilakukan untuk menghindarkan adanya benturan kepentingan oleh pihak front office.

Perlakuan akuntansi atas laba atau rugi yang timbul dari posisi trading book dibukukan pads Laba/Rugi tahun berjalan.

IV.2.1.2. Banking Book
Banking Book adalah posisi atau portofolio bank yang tidak termasuk kategori Trading Book, misalnya posisi kredit dan posisi dana pihak ketiga.

IV.2.2. Cakupan Portofollo
Posisi yang diperhitungkan dalam pengukuran risiko pasar mencakup portofolio dalam kategori sebagai berikut :
  • Untuk instrumen yang terekspos suku bunga, perhitungan risiko pasar hanya mencakup portofolio Trading Book.
  • Untuk instrumen yang terekspos nilai tukar, perhitungan risiko pasar mencakup portofolio Trading Book clan Banking Book.

0 komentar:

Lokasi