Proposal Pengajuan Magang


Kamis, 08 Desember 2011

 
LEMBAR PENGESAHAN
PROPOSAL KULIAH KERJA
PRODI KOMPUTERISASI AKUNTANSI KEUANGAN DAN PERBANKAN









 


Bidang kegiatan                      : Kuliah Kerja Usaha
Pelaksana                    :
1.      Koordinator         
2.      Anggota
tempat kuliah kerja      : PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Cabang Tanjungpandan
Waktu                         : sekitar awal bulan maret dan disesuaikan dengan waktu dan jam kerja yang telah diatur dan ditentukan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Cabang Tanjungpandan.

Tanjungpandan, 07 Desember 2011

Mengetahui,
Direktur
Politeknik Niaga Darma Ganesha




Ir. Yudhi Darma
NIP :


Koordinator
Kelompok




Sri Mulyani
NIM : 57402090004






PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
mahasiswa sebagai insane akademis selama ini hanya terpaku pada proses pembelajaran secara teoritis. Maksudnya adalah semua yang dipelajari hanya bersifat teoritis bukan secara praktis. Oleh sebab itulah banyak mahasiswa yang pada saat memasuki dunia kerja diragukan kemampuannya oleh instansi yang dimasukinya, walaupun dilihat dari segi nilai tidak sedikit mahasiswa yang mempunyai predikat cumlaude.
Agar mahasiswa tidak terpaku hanya pada proses pembelajaran secara teoritis, maka diperlukan suatu metode diharapkan mampu untuk memberi suatu perubahan yang bernilai positif. Sebagai salah satunya adalah program permohonan magang.  Kuliah kerja ini mengajarkan pada mahasiswa untuk terjun kedalam suatu instansi baik instansi yang bersifat bisnis, pemerintahan bahkan lembaga kesosialan yang ada pada masyarakat.
Dewasa ini perkembangan perekonomian mengarah pada bentuk perekonomian modern, dimana industri dan perdagangan serta segala aktivitas perekonomian dipacu untuk terus meningkatkan mutu dan kualitas maupun keefisiensian secara kompetitif menuju pangsa pasar yang luas. Tentunya, perekonomian modern ini tidak lepas dari adanya kegiatan lembaga keuangan yang dapat membantu memperlancar usaha baik usaha pemerintahan maupun swasta guna mencapai perekonomian yang stabil dalam membangun suatu kondisi perekonomian yang mantap, dimana kondisi tersebut akan tercapai apabila ditunjang dengan sistem dan kinerja lembaga keuangan yang baik. Salah satu lemvbaga keuangan yang sangat berjasa saat ini adalah bank, baik bank-bank umum, bank-bank swasta maupun bank-bank perkreditan rakyat.
Jasa dan pelayanan suatu bank meningkat sejalan dengan perkembangan social masyarakat. Peranan bank sebagai mitra usaha semakin strategis dalam penyediaan dana yang sangat dibutuhkan oleh para pengusaha untuk mengembangkan usahanya. Selain itu dengan adanya lembaga keuangan perbankan, pengelolaan dana usaha akan semakin efisien. Mengingat banyaknya sistem-sistem manajemen yang digunakan oleh pihak manajemen bank yang dapat dipertanggungjawabkan keakuratannya.
Banyaknya bentuk dan jenis lembaga keuangan memberikan pilihan yang beragam bagi seorang pengusaha maupun bagi masyarakat biasa yang hanya menyimpan sejumlah uangnya. Hal ini menjadi suatu motivasi tersendiri bagi lembaga keuangan perbankan untuk menarik minat masyarrakat.
Lembaga keuangan PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk cabang Tanjungpandan memberikan beberapa produk dan jasa pelayanan serta jasa keuangan dan bisnis yang dapat menjadi alternative pilihan bagi masyarakat untuk melakukan transaksi perbaankan baik penyimpanan dana dan penyaluran dana yang dapat disesuaikan dengan keinginan mereka. Adapun beberapa produk dan jasa yang disediakan PT. Bank Rakyat Indonesia diantaranya adalah penyaluran dana yaitu kredit mikro dalam bentuk Kupedes, Kredit Retail dalam bentuk komersil (kredit modal kerja), kredit konsumtif (kredit pada golongan berpenghasilan tetap), kredit yang diberikan pada pensiunan (KRESUN), kedit yang diberikan pada pekerja berpenghasilan tetap (KRETAP), serta kredit menengah dalam bentuk AGRIBISNIS, bisnis umum dan syariah. Dalam transaksi penghimpunan dana yaitu Rekening Giro berupaa giro BRI Rupiah dan Giro BRI Valas, Tabungan berupa Britama, SIMASKOT, SIMPEDES, dan Tabungan haji. Serta deposito berupa DEPOBRI rupiah, DEPOBRI valas, Deposito on call (DOC) dan SertiBRI. Sedangkan dalam jasa dalam bank terdapat jasa keuangan dan bisnis, diantaranya adalah jasa bisnis berupa bank Garansi, Kliring, ATM dan Safe Deposito Box, jasa keuangan berupa Bill payment, CEPEBRI, INKASO, Penerimaan setoran, transaksi online, transfer, dan LLG, serta jasa lainnya seperti setoran pajak, dana orang tua asuh, western onion, denda tilang, dan zakat infaq. Produk dan jasa keuangan dan bisnis tersebut tebtunya mempunyai prosedur administrasi yang telah ditentukan, Dimana prosedur administrasi yang baik akan memberikan manfaat yang baik pula bagi nasabah dan pihak-pihak lainnya yang bersangkutan.
Ditinjau dari pemilihan tempat atau objek kuliah kerja penulis, maka lembaga keuangn menjadi pusat tujuan penulis dalam menyelesaikan pembelajaran secara praktis. Hal ini tidak lain karena lembaga perbankan merupakan suatu lembaga sangat dekat dengan latar belakang pembelajaran teoritis penulis yaitu ilmu komputerisasi keuangan dan perbankan yang didalamnya terdapat berbagai teori dan manajemen tentang perbankan.
1.2  Tujuan Dan Manfaat Kuliah Kerja
1.2.1        Tujuan Kuliah Kerja
a.       Tujuan Umum
mengetahui dan memahami prosedur administrasi produk-produk dan jasa layanan yang ada pada PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Cabang tanjung pandan, serta memperoleh gambatran jelas tentang kegiatan pelaksanaan prosedur kerja pada PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk khususnya yang terletak pada kota tanjung pandan Belitung.
b.      Tujuan Khusus
Memperoleh pengalaman kerja praktis di dunia kerja dalm hal kegiatan perbankan yang dilakukan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Cabang Tanjungpandan khususnya dalam hal produk dan jasa layanan produk diatas. Serta mempersiapkan mahasiswa untuk terjun langsung dalam situasi kerja dan uopaya sosialisasi dalam kehidupan masyarakat.

1.2       1.2.2Manfaat Kuliah Kerja
a.       Bagi Mahasiswa :
1.      sebagai sarana latihan dan penerapan ilmu pengetahuam perkuliahan
2.      memperoleh keterampilan serta kreativitas.
3.      Meningkatkan kemampuan daalam bersosialaisasi dengan lingkungan kerja
4.      Menambah pengetahuan, pengalaman, dan wawasan dilapangan kerja mengenai dunia kerja khususnya dunia perbankan
b.      Bagi Perguruan Tinggi
Sebgai sarana untuk memeperoleh informasi mengenai keadaan umum lembaga perbankan pada daerah sekitar melalui penerimaan laporan kegiatan perbankan yang ada pada PT. Bank Rakyat Indonesia,Tbk Cabang Tanjungpandan. Serta terciptannya hubungan kerja sama yang saling menguntungka antara kedua belah pihak, yaitu dapat menempatkan mahasiswa yang potensial untuk mendapatkan pengalaman di lembaga keuangan yang bersangkutan.
c.       Bagi Instansi Yang Bersangkutan
Merupakan sarana untuk menjembatani antara perusahaan atau instansi dengan lembaga pendidikan untuk bekerja sama lebih lanjut baik beersifat akademis maupun non akademis. Perusahaan dapat melihat tenaga kerja yang potensial dikalangan mahasiswa sehingga apabila suatu saat perusahaan membutuhkan karyawan bisa merekrut mahasiswa tersebut.






II. METODOLOGI
Kuliah kerja ini dilakukan dengan cara praktek secara langsung sesuai dengan jam kerja pada PT. Bank Rakyat Indonesia, Cabang Tanjungpandan Belitung. Selain melakukan praktek kerja, peserta juga meminta bimbingan, pelatihan serta menimba pengalaman kerja dari beberapa karyawan yang bekerja di PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Cabang Tanjungpandan dengan mengikuti  aturan dan prosedur yang telah ditentukan oleh Bank tersebut.
2.1.  Obyek dan Waktu Pelaksanaan Kuliah Kerja
            2.1.1  Obyek Kuliah Kerja
                        2.1.1.a) Nama Objek
           Objek yang kami pilih dalam pelaksanaan Kuliah Kerja adalah PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Cabang Tanjungpandan.
2.1.1.b) Alamat
           Alamat objek  pelaksanaan kuliah kerja yang kami pilih yaitu Kampus Poltek Niaga Darma Ganesha Jalan Sriwijaya.
2.1.1.c) Bidang Usaha
           Bidang usaha Kuliah Kerja Kami yaitu bergerak dibidang Komputerisasi Perbankan.
            2.1.2  Jadwal Pelaksanaan Kuliah Kerja
            Pelaksanaan Kuliah Kerja pada PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk Cabang Tanjungpandan Belitung kami laksanaan sekitar awal bulan Maret selama waktu yang telah ditentukan dan disesuaikan oleh pihak personalia PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk Cabang Tanjungpandan Belitung.
            2.1.3  Khalayak dan Sasaran
            Khalayak dan sasaran kegiatan ini adalah staf  dan karyawan serta masyarakat sebagai pengguna produk dan jasa pelayanan PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk cabang Tanjungpanda Belitung. Dan beberapa data serta informasi yang akan kami gunakan untuk mengerjakan dan menyelesaikan laporan kegiatan Kuliah Kerja kami.
            2.1.4  Metode Kegiatan
            Pelaksanaan Kuliah Kerja ini sangat membutuhkan partisipasi aktif dari pimpinan, staf dan karyawan serta masyarakat sebagai nasabah. Metode yang dipakai dalam Kuliah Kerja ini adalah pendekatan structural.
            Metode ini dilaksanakan melalui diskusi baik secara formal maupun inforlmal dengan staf dan karyawan Bank Rakyat Indonesia, Tbk Cabang Tanjungpandan Belitung serta masyarakat yang menjadi nasabah pada Bank tersebut, sebagai usaha kami memperoleh data yang kami butuhkan untuk mengerjakan dan menyelesaikan Laporan Kuliah Kerja kami.



III. PENUTUP
            Kuliah kerja ini merupakan salah satu bentuk kegiatan pelatihan yang dihadapkan langsung pada praktek kerja sebagai pengaktualisasian dan pengaplikasian kemampuan pendidikan yang diperoleh mahasiswa, baik dari bangku perkuliahan maupun kegiatan klain diluar kuliah. Selain itu, mahasiswa juga dapat menambah pengetahuan, pengalaman dan wawasan dilapangan mengenai dunia kerja.
            Besar harapan kami agar pihak-pihak yang bersangkutan dapat memberikan kesempatan kepada kami  untuk melaksanakan Kuliah Kerja di instansi dan tempat yang telah kami pilih, untuk kami jadikan tempat pelaksanaan Kuliah Kerja. Dalam pelaksanaan kami berharap kesediaan pihak instansi untuk bersedia membimbing kami dan menilai tingkat keterampilan, serta kreativitas kami dan aktivitas kerja yang kami lakukan.
            Oleh karena itu kami berharap kepada pihak PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Cabang Tanjungpanda Belitung dapat menempatkan kami pada bidang yang sesuai, sehingga kami dapat kelaksanakan kegiatan ini sebaik-baiknya dan dapat mencapai maksud dan tujuan yang kami inginkan serta dapat memberikan manfaat bagi banyak pihak.
            Demikian proposal Kegiatan Kuliah Kerja yang telah kami buat sebagai permohonan untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja pada PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Cabang Tanjungpandan Belitung. Besar harapan kami untuk mendapatkan dukungan dan bantuan khususnya dalam upaya membantu program pemerintah guna membentuk dan meningkatkan Sumber Daya Manusia, serta mensukseskan semua program yang telah kami rencanakan.
            Atas kesediaan bimbingan dan kesempatan yang telah diberikan, kami mengucapkan banyak terima kasih pada pihak-pihak yang bersangkutan.


Lampiran :

BIODATA PELAKSANA MAGANG

Nama         :
Jurusan      :
NIM          :
Alamat      :
No.HP       :
     


Nama         :
Jurusan      :
NIM          :
Alamat      :
No.HP       :


0 komentar:

Lokasi